Pages

Saturday, September 29, 2012

Tujuan Program UKG

UKG wajib diikuti oleh semua guru dalam jabatan baik guru PNS maupun guru bukan PNS. Penyelenggaraan UKG melibatkan berbagai instansi antara lain BPSDMPK-PMP, LPMP, dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Agar seluruh instansi yang terlibat dalam Penyelenggaraan UKG memiliki pemahaman yang sama tentang mekanisme Penyelenggaraan UKG, maka perlu disusun informasi yang lengkap tentang mekanisme Penyelenggaraan UKG tahun 2012. Demikian Latar Belakang Program UKG Guru.

Uji kompetensi guru ini akan menjadi agenda rutin bagi guru untuk mengetahui level kompetensi guru sebagai bahan pertimbangan kegiatan peningkatan profesi guru. Dengan demikian, guru nantinya diharapkan tidak resisten terhadap UKG dan akan menjadi terbiasa selalu ingin mengetahui level kompetensi melalui UKG dan senantiasa menginginkan kompetensinya untuk diukur secara berkala.

Tujuan UKG

1. Pemetaan penguasaan kompetensi guru (kompetensi pedagogik dan profesional) sebagai dasar pertimbangan Penyelenggaraan program pembinaan dan pengembangan profesi guru dalam bentuk kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan. 2. Sebagai entry point penilaian kinerja guru dan sebagai alat kontrol Penyelenggaraan penilaian kinerja guru. Program pengembangan keprofesian berkelanjutan dan penilaian kinerja guru wajib dilakukan setiap tahunnya sebagai persyaratan untuk kenaikan pangkat dan jabatan fungsional guru.

Sasaran UKG

Sasaran UKG adalah semua guru yang mengajar di sekolah, baik guru yang bersertifikat pendidik maupun guru yang belum memiliki sertifikat pendidik, yang dilaksanakan secara bertahap mulai tahun 2012.

Related Articles:

0 comments:

Post a Comment