Pages

Saturday, September 29, 2012

Syarat Peserta dan Mata Ujian UKG 2012

Peserta UKG adalah seluruh guru baik yang bersertifikat pendidik maupun yang belum memiliki sertifikat pendidik. Jumlah total peserta UKG untuk guru bersertifikat pendidik diperkirakan 1.006.211 orang, dan guru belum bersertifikat pendidik 1.015.087 orang.

1. Persyaratan Peserta

Peserta UKG pada prinsipnya adalah semua guru PNS dan bukan PNS yang mengajar di sekolah negeri dan swasta yang memenuhi persyaratan sebagai berikut :

a. Bagi guru bersertifikat pendidik



1) memiliki sertifikat pendidik (tahun 2007-2011),

2) pada tahun 2012 belum memasuki masa pensiun, dan

3) masih aktif menjadi guru.

b. Bagi guru belum bersertifikat pendidik



1) Guru PNS atau guru tetap yayasan (GTY)

2) Memiliki NUPTK

2. Mata Ujian

a. Bagi guru bersertifikat pendidik

Mata uji yang diikuti oleh guru bersertifikat pendidik sama dengan bidang studi sertifikasi, dan dinyatakan valid oleh BPSDMPK-PMP. Bagi guru produktif SMK terdapat beberapa perubahan kode mata pelajaran dan perubahan nama mata pelajaran.Perubahan tersebut dapat dilihat dalam daftar Konversi kompetensi keahlian sebagaimana tertuang dalam Lampiran 2.

b. Bagi guru belum bersertifikat pendidik

Bagi guru yang belum memiliki sertifikat pendidik, mata uji harus sesuai dengan S-1/D-4 yang dimiliki. Bagi guru yang belum memiliki kualifikasi akademik S-1/D-4, sesuai mata pelajaran yang sedang diampu. Peserta UKG hanya mendapatkan soal ujian sesuai dengan mata pelajaran yang telah ditentukan seperti tersebut diatas. Informasi mata uji peserta UKG masing-masing peserta dapat dilihat pada website bpsdmpk.kemdikbud.go.id/ukguru. Data yang dipublikasikan sementara ini hanya untuk data guru yang bersertifikat pendidik. Sedangkan data guru yang belum bersertifikat pendidik akan dipublikasikan 3 (tiga) bulan sebelum Penyelenggaraan UKG dimulai.

Related Articles:

0 comments:

Post a Comment