Pages

Sunday, August 19, 2012

UKG Kepala Sekolah

UKG bagi kepala sekolah diperuntukkan untuk kepala sekolah sebagai tenaga fungsional guru yang diberikan tugas tambahan untuk memimpin suatu sekolah di mana diselenggarakan proses belajar mengajar atau tempat di mana terjadi interaksi antara guru yang memberi pelajaran dan murid yang menerima pelajaran.

Kepala sekolah pada hakekat etimologisnya merupakan padanan dari school principal, yang tugas kesehariannya menjalankan principalship atau kekepalasekolahan. Istilah kekepalasekolahan mengandung makna sebagai segala sesuatu yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi sebagai kepala sekolah. Penjelasan ini dipandang penting, karena terdapat beberapa istilah untuk menyebut jabatan kepala sekolah, seperti administrasi sekolah (school administrator), pimpinan sekolah (school leader), manajer sekolah(school manajer), dan sebagainya.

Maka dari itu, seorang kepala sekolah harus mempunyai kriteria atau kualifikasi umum sebagai seorang kepala sekolah, yaitu: a. Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S1) atau diploma empat (D-IV) kependidikan atau non kependidikan pada perguruan tinggi yang terakreditasi b. Pada waktu diangkat sebagai kepala sekolah berusia setinggi-tingginya 56 tahun c. Memiliki pengalaman mengajar sekurang-kurangnya 5 tahun menurut jenjang sekolah masing-masing, kecuali di Taman Kanak-Kanak / Raudhatul Athfal (TK / RA) memiliki pengalaman mengajar sekurang-kurangnya 3 tahun di TK / RA. d. Memiliki pangkat serendah-rendahnya III/c bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan non PNS disertakan dengan kepangkatan yang dikeluarkan oleh yayasan atau lembaga yang berwenang.
Tugas dan Fungsi Kepala Sekolah

Tugas utama kepala sekolah sebagai pemimpin adalah mengatur situasi, mengendalikan kegiatan kelompok, organisasi atau lembaga dan menjadi juru bicara kelompok. Dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsinya, terutama dalam rangka memberdayakan masyarakat dan lingkungan sekitar, kepala sekolah dituntut untuk mampu berperan ganda, baik sebagai catalyst, solution givers, process helpers, dan resource linker. a. Catalyst, berperan meyakinkan orang lain tentang perlunya perubahan menuju kondisi yang lebih baik, b. Solution givers, berperan mengingatkan terhadap tujuan akhir dari perubahan, c. Proces helpers, berperan membantu kelancaran proses perubahan, khususnya menyelesaikan masalah dan membina hubungan antara pihak-pihak yang terkait, dan d. Resource linkers, berperan menghubungkan orang dengan sumber dana yang diperlukan.

Dalam hal UKG Online terdapat 2 sistem Ujian Kompetensi Guru (UKG) yang akan digunakan, yaitu sistem paper pencil test dan sistem ujian online. Paper pencil test diselenggarakan pada daerah yang tidak terjangkau jaringan internet dan tidak memiliki komputer yang terhubung dalam jaringan intranet. Sistem ujian online diselenggarakan pada daerah yang terjangkau jaringan internet dan memiliki komputer yang terhubung dalam jaringan intranet.


Mekanisme Pelaksanaan UKG




  1. Persiapan : Persiapan pelaksanaan UKG meliputi diantaranya kegiatan : konfirmasi dan validasi data peserta, Pendaftaran tempat UKG, Indentifikasi daerah yang tidak tersedia jaringan (network), Verifikasi tempat UKG oleh LPMP, Distribusi peserta ke tempat UKG, Pembekalan admin UKG tingkat LPMP, Pembekalan teknisi UKG tingkat kabupaten/kota, Pembentukan panitia UKG di tingkat LPMP, dan Pembentukan panitia UKG di tingkat kabupaten/kota.

  2. Pelaksanaan : Pada hari pelaksanaan UKG kegiatan-kegiatan yang perlu dilakukan diantaranya pengecekan perangkat keras pendukung pelaksanaan UKG oleh LPMP, Registrasi peserta, dan pelaksanaan UKG baik secara manual maupun secara online.



Tata Cara UKG Online



Sistem Uji kompetensi guru (UKG) Online pada tahun 2012 merupakan salah satu cara yang digunakan disamping cara lain yang bersifat manual (paper pencil test)

UKG online dimulai secara serentak pada tgl 30 Juli 2012. Penetapan jadwal pelaksanaan UKG untuk guru untuk masing-masing jenjang pendidikan secara berurutan mulai dari jenjang SMP, SMA, SMK, TK, SD, SLB ditentukan oleh LPMP. Durasi pelaksanaan UKG pada masing-masing kabupaten/kota akan berbeda-beda bergantung pada jumlah TUK dan jumlah peserta pada masing-masing wilayah. Semakin banyak TUK semakin cepat pelaksanaan UKG. Bagi guru yang memiliki kekhususan yaitu Tuna Netra memerlukan pendamping dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sebagai pembaca soal. Lamanya waktu yang diperlukan 180 menit dan dijadwalkan khusus. Berikut kami sampaikan Tata Cara UKG Online yang diperlukan oleh para peserta UKG.

Lokasi UKG akan dilaksanakan di tempat uji kompetensi guru yang telah ditetapkan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sesuai dengan persyaratan dan telah diverifikasi oleh LPMP. Beberapa persyaratannya diantaranya Memiliki sumber daya manusia yang memahami Lokal Area Network (LAN) dan terbiasa bekerja dengan internet yang dapat akan ditugasi sebagai tim teknis sistem UKG online dan memiliki laboratorium komputer minimal 20 unit PC dan 1 server, yang terkoneksi dalam jaringan LAN (sebaiknya pakai kabel, bukan WiFi). Komputer (PC) pun tak luput dengan persyaratan seperti ia harus memenuhi Spesifikasi PC Client minimal Prosessor Intel Pentium 3 - 600Mhz, Memory, 512mb, Hard disk Free 5Gb, CDROM (Wajib ada untuk booting sistem UKG Online), Monitor 14, Keyboard, dan Mouse Standard. Spesifikasi server minimal harus minimal prosessor Intel Pentium 4 - 2,4Ghz, dengan memory : 1 Gb, Hard disk Free 10 Gb, CDROM, Monitor 14 serta terkoneksi dengan jaringan internet minimal 256 kbps. Disamping itu harus adanya unit kerja pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dapat berupa lembaga pendidikan dan latihan (PPPPTK dan LPMP) atau Lembaga pendidikan (SMP/SMA/SMK).

Pada pelaksanaan Ujian UKG Online, Bapak/Ibu yang kurang memahami pemakaian komputer / internet tidak perlu takut. Sebab, Pemerintah menugaskan Teknisi UKG yang mewakili tiap kabupaten/kota mendapat pembekalan penggunaan aplikasi ujian online dan mekanisme pelaksanaan. Tujuannya agar teknisi dapat memahami sistem kerja jaringan sehingga dapat mengatasi permasalahan yang timbul pada saat pelaksanaan UKG.

Peserta pembekalan adalah staf Dinas Pendidikan yang harus faham dan menguasai trouble shooting jaringan komputer, berpengalaman untuk menginstalasi jaringan komputer, bertanggungjawab terhadap permasalahan yang terjadi pada
saat pelaksanaan UKG, dan tentunya memiliki komitmen untuk memastikan kesiapan teknis TUK sebelum pelaksanaan UKG.

UKG online dimulai secara bersamaan disemua TEMPAT UKG pada tanggal 30 Juli 2012. UKG dilaksanakan selama 120
menit atau 2 jam. Pelaksanaan UKG tiap harinya dibagi dalam 2-3 gelombang.


Disamping itu untuk menjamin kelancaran pelaksanaan UKG Online, setiap tempat UKG terdapat 1 orang pembantu koordinator tempat UKG untuk menyelenggarakan kegiatan administratif, dan 1 orang tim teknis untuk mempersiapkan laboratorium komputer, akses jaringan intranet dan internet.

Demikian info UKG Online untuk kepala sekolah. Selamat UKG Online semoga sukses! Salam!

Related Articles:

0 comments:

Post a Comment